Salah satu cara untuk memahami sebuah isu dan cara penulisan berita, yakni dengan mengetahui kalimat tanya yang biasa dipakai dalam wawancara saat mencari sumber berita. Nah, ibarat yang telah diketahui, unsur-unsur pembentuk isu sanggup diketahui dengan rumus 5W + 1H atau yang juga sanggup disebut dengan ADIKSIMBA yaitu kata tanya Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, Bagaimana.
Masing-masing kata tanya tersebut merupakan 'kata kunci' yang sanggup dipakai untuk menggali informasi. Kata tanya itu tidak sanggup dipakai kalau tidak disusun dalam kalimat tanya.
Nah, dalam menyusun kalimat pertanyaan untuk sebuah wawancara, harus diseuaikan dengan konteks wawancaranya.
Dalam pola daftar pertanyaan wawancara kali ini, yang dipakai sebagai konteks yakni pementasan drama di sekolah yang dilakukan oleh kelompok teater. Pertanyaan-pertanyaan yang disusun dalam daftar pertanyaan untuk wawancara dengan ketua kelompok teater dan anggota kelompok teater tersebut sanggup mencakup proses persiapan hingga pementasan dan isi pementasan drama.
Berikut ini beberapa pola pertanyaan untuk pementasan drama oleh kelompok teater di sekolah:
Kata tanya: APA
a. Apa judul drama yang dipentaskan?
b. Apa latar belakang pengambilan judul drama tersebut?
c. Apa hambatan yang dihadapi selama proses pementasan drama?
d. Apa pesan yang ingin disampaikan melalui pementasan drama tersebut?
Kata tanya: SIAPA
a. Siapa tokoh utama dalam pementasa drama tersebut?
b. Siapa yang berperan sebagai tokoh utama?
c. Siapa saja yang terlibat dalam pementasa drama di sekolah ini?
d. Siapa saja yang turut membantu menyukseskan pementasan drama ini?
e. Siapa yang paling semangat saat berlatih pementasan?
Kata tanya: KAPAN
a. Kapan pementasan akan dilaksanakan?
b. Kapan latihan dan persiapan dilakukan?
c. Kapan inspirasi pelaksanaan pementasan drama ini muncul?
Kata tanya: DI MANA
a. Di mana latihan pementasan drama dilakukan?
b. Di mana pementasan dilaksanakan?
Kata tanya: MENGAPA
a. Mengapa mengambil tema pementasan tersebut?
b. Mengapa melaksanakan pementasan drama itu?
c. Mengapa hingga membutuhkan waktu sekian untuk persiapan pementasan?
Kata tanya: BAGAIMANA
a. Bagaimana proses jalannya latihan?
b. Bagaiman proses perijinan untuk melaksanakan pementasan?
c. Bagaimana cara memilih para pemain pementasan drama tersebut?
d. Bagaimana persiapan menjelang pementasan?
e. Bagaimana pendapat perihal tugas yang dilakukan?
f. Bagaiman kesan terlibat dalam pementasan drama ini?
Demikian contoh-contoh kalimat tanya untuk daftar pertanyaan pementasan drama di sekolah. Dengan memakai daftar pertanyaan ini, isu perihal pementasan oleh kelompok teater di sekolah sanggup ditulis dengan lebih dalam. Tentu daftar pertanyaan ini harus diubahsuaikan dengan kondisi dan tanggapan serta urutannya.
Masing-masing kata tanya tersebut merupakan 'kata kunci' yang sanggup dipakai untuk menggali informasi. Kata tanya itu tidak sanggup dipakai kalau tidak disusun dalam kalimat tanya.
Nah, dalam menyusun kalimat pertanyaan untuk sebuah wawancara, harus diseuaikan dengan konteks wawancaranya.
Dalam pola daftar pertanyaan wawancara kali ini, yang dipakai sebagai konteks yakni pementasan drama di sekolah yang dilakukan oleh kelompok teater. Pertanyaan-pertanyaan yang disusun dalam daftar pertanyaan untuk wawancara dengan ketua kelompok teater dan anggota kelompok teater tersebut sanggup mencakup proses persiapan hingga pementasan dan isi pementasan drama.
Berikut ini beberapa pola pertanyaan untuk pementasan drama oleh kelompok teater di sekolah:
Kata tanya: APA
a. Apa judul drama yang dipentaskan?
b. Apa latar belakang pengambilan judul drama tersebut?
c. Apa hambatan yang dihadapi selama proses pementasan drama?
d. Apa pesan yang ingin disampaikan melalui pementasan drama tersebut?
Kata tanya: SIAPA
a. Siapa tokoh utama dalam pementasa drama tersebut?
b. Siapa yang berperan sebagai tokoh utama?
c. Siapa saja yang terlibat dalam pementasa drama di sekolah ini?
d. Siapa saja yang turut membantu menyukseskan pementasan drama ini?
e. Siapa yang paling semangat saat berlatih pementasan?
Kata tanya: KAPAN
a. Kapan pementasan akan dilaksanakan?
b. Kapan latihan dan persiapan dilakukan?
c. Kapan inspirasi pelaksanaan pementasan drama ini muncul?
Kata tanya: DI MANA
a. Di mana latihan pementasan drama dilakukan?
b. Di mana pementasan dilaksanakan?
Kata tanya: MENGAPA
a. Mengapa mengambil tema pementasan tersebut?
b. Mengapa melaksanakan pementasan drama itu?
c. Mengapa hingga membutuhkan waktu sekian untuk persiapan pementasan?
Kata tanya: BAGAIMANA
a. Bagaimana proses jalannya latihan?
b. Bagaiman proses perijinan untuk melaksanakan pementasan?
c. Bagaimana cara memilih para pemain pementasan drama tersebut?
d. Bagaimana persiapan menjelang pementasan?
e. Bagaimana pendapat perihal tugas yang dilakukan?
f. Bagaiman kesan terlibat dalam pementasan drama ini?
Demikian contoh-contoh kalimat tanya untuk daftar pertanyaan pementasan drama di sekolah. Dengan memakai daftar pertanyaan ini, isu perihal pementasan oleh kelompok teater di sekolah sanggup ditulis dengan lebih dalam. Tentu daftar pertanyaan ini harus diubahsuaikan dengan kondisi dan tanggapan serta urutannya.